Contoh Soal UKG Kepala Sekolah
Prediksi
SOAL UKG KEPALA SEKOLAH 2015
1.
Visi
dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
a.
Visi
dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
b.
Visi
harus memiliki keunikan
c.
Visi
yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
d. Perbedaan merupakan pendorong
tercapainya visi
2.
Visi
sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
a.
visi
tidak ditafsirkan secara berbeda
b.
tujuan
dapat dicapai dengan mudah
c.
misi
dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
d. semua warga sekolah berpartisipasi
aktif dalam pencapaian visi
3.
Peraturan
menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi
standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa
sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
a.
mampu
mencapai standar internasional
b.
mampu
mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
c.
mampu
meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
d. menjadi sekolah yang terkenal di
lingkungannya
4.
Salah
satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
a.
sarana
memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
b.
pijakan
untuk menentukan program sekolah
c.
memberi
motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
d. meningkatkan kesejahteraan staff
dan guru
5.
Setiap
warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan
agar.......
a.
cita-cita
sekolah dapat tercapai tepat waktu
b.
pencapaian
nilai murni dapat dimaksimalkan
c.
siswa
sukses dalam bidang akademik
d. status sekolah mencapai taraf
internasional
6.
Sekolah
akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk
menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
a.
Setiap
proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
b.
Menambah
jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
c.
Diadakan
jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
d. Setiap proses pembelajaran untuk
setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis
melalui tugas-tugas yang relevan,
7.
Visi
adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta
dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas
pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut
adalah...
a.
Sebagian
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses
b.
Guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41
Tahun 2007 tentang Standar Proses
c.
Semua
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.
41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
d. Sebagian guru merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses
8.
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan
pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari
kegiatan tersebut adalah ...
a.
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual,
b.
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
c.
Sekolah
mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan
perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
d. Meningkatkan kegiatan MGMP
sekolah untuk semua mata pelajaran.
9.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses
menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum
melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
a.
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
b.
Melaksanakan
workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan
pembinaan secara intensif,
c.
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d. Menugasi wakil kepala bidang
kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan Permendiknas tersebut.
10.
Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum
tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a.
Mengingatkan
kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian
pada KTSP secara benar dan akuntabel,
b.
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c.
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam
melakukan penilaian,
d. Membiarkan guru tersebut karena
kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep
penilaian pada KTSP
11.
Bentuk
LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007
adalah ....
a.
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran
b.
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
c.
Satu
nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
d. Satu nilai pencapaian kompetensi
mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
12.
Pada
saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa
lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata
pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah ...
a.
Menetapkan
3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
b.
Menghimbau
pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut
prestise sekolah,
c.
Meluluskan
3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian
sekolah,
d. Memerintahkan guru mata pelajaran
yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus
sekolah.
13.
Kegiatan
pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut
guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran.
Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.
Mengabulkan
permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
b.
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
c.
Mengabulkan
permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam
tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
d. Tidak mengabulkan permintaan
tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
14.
Dewan
guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan
pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal
tersebut Kepala Sekolah .....
a.
Tidak
menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
b.
Menyetujui
atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta
dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
c.
Menyetujui
tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
d. Tidak menyetujui karena akan
merugikan siswa.
15.
Untuk
meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan
akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik
di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
a.
Segera
memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan
secara lisan kepada seluruh siswa
b.
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera
mensosialisasikan kepada seluruh siswa
c.
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan
di sekolah tersebut.
d. Segera membuat SK pembentukan TIM
akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
16.
Guna
pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah
tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
a.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola
pada bidangnya,
b.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai
bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
c.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
d. Menetapkan wakil kepala Sekolah
yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
17.
Dari
hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas
dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK
MAJU melakukan.......
a.
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan
RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
b.
Membentuk
TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya,
diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga
sekolah,
c.
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional,
diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga
sekolah
d. Membentuk TIM untuk menyusun
pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite
sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua
warga sekolah
18.
Agar
penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya
sekolah tersebut ...
a.
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang
merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum
PSB di laksanakan,
b.
Menyusun
dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
c.
Mensosialisasikan
kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika,
sebelum PSB di laksanakan
d. Menyusun dan menetapkan petunjuk
pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara
regional, sebelum PSB dilaksanakan.
19.
SMKN
1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen,
sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui.
Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
a.
Memerintahkan
wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan
mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
b.
Menugaskan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan
pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan
pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan
kepada Dinas Pendidikan Kota,
c.
Membentuk
TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah
diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari
masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
d. Memerintahkan seorang guru atau
tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien,
efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
20.
Untuk
meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah.
Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
a.
RKAS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
b.
KTSP,
Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata
Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
c.
RAPBS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
d. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik,
Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan
Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
21.
Kepala
SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang
dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ...
a.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan
sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
b.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan
sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota,
c.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non
akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
d. Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/
Kota dalam bentuk laporan tertulis.
22.
Permendiknas
No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan
Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas
sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.
Menyusunan
program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke
seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
b.
Menyusun
program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
c.
Melaksanakan
kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
d. Menyusun jadwal kegiatan
supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil
bidang kurikulum dan atau guru senior.
23.
Pada
kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor
untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah selaku supervisor ...
a.
Memberikan
pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
b.
Menyarankan
bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat
semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
c.
Menyetujui
permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga
dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
d. Tidak menyetujui karena supervisi
dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
24.
Untuk
memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan
lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala
Sekolah ...
a. Mengadakan rapat dewan pendidik
tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
b. Memberikan surat edaran kepada
semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
c. Mengadakan rapat dewan pendidik
tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan
dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
d.
Mengedarkan
surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan
sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
25.
Kepala
SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan
belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika
Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
a. Mempertahankan jumlah rombel dan
jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
b. Mengurangi jumlah rombel secara
bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel
tetap 32 siswa
c. Mepertahankan jumlah rombel
tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
d.
Mengurangi
jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan
jumlah siswa perrombel 40 siswa
26.
Kepala
sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi
kepribadian, kecuali?
a. tanggung jawab dan komitmen
terhadap tugas.
b. mampu beradaptasi dengan
perkantoran.
c. berkeinginan antuk terus mengasah
keterampilan diri.
d.
inovatif,
kreatif mengembangkan sekolah.
27.
Di
awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan
guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya
terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak
kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
a. rnenghentikan kenaikan uang
transport, karena PNS telah mendapat gaji.
b. tetap uang transport diberikan,
sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
c. pembayaran uang transport
pembayarannya ditunda.
d.
pinjam
uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
28.
Penempatan
Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
a. mengingat semua guru dan TU
tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat
selesai.
b. semua dikerjakan dengan lambat
yang penting selesai dan selamat.
c. saya memahami keadaan, semua guru
dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
d.
menyusun
struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan
bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
29.
Kepala
Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu,
sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah
tidak bersalah?
a. Mempertahankan tetap mengemban
amanat, apa pun yang terjadi.
b. Mengajukan mutasi agar terdapat
suasana kerja baru.
c. Menantang siapa pun orangnya yang
menekan.
d.
Memohon
pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
30.
Sebagai
pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan
tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan
tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
a.
biar
saja, asal tidak mengganggu.
b.
guru
tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
c.
Kepala
Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan
salam.
d. mengabsen guru-guru untuk
memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
31.
Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun
pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
a.
merasa
tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
b.
selalu
menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
c.
melakukan
keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan
dan pemerintah daerah/pusat.
d. memerintahkan untuk melukukan
perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
32.
Pengambilan
keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan,
skill, attitude, style kepemimpinan.......
a. Dalam pengambilan keputusan
kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b. Dengan senang hati mendengar
pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c. Keputusan didasarkan pada aturan
saja.
d.
Memiliki
sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
33.
Seorang
guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik
habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
a.
Perilaku
guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu
ditantang.
b.
Guru
tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
c.
Biar
saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan
dijelaskan agar mengerti,
d. Tidak perlu dijawab, agar suasana
rapat terus terkendali.
34.
Kepala
Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan
dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
a.
maaf,
guru tersebut tidak ada.
b.
sepertinya
guru tersebut tidak hadir.
c.
guru
tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
d. guru tersebut saya beri tugas,
saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan...
35.
Perkelahian
antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa
mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah
adalah........
a.
Mempersilahkan
masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
b.
Menghubungi
polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
c.
Mernbiarkan
segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
d. Mernpersilahkan masuk,
segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya
sendiri.
36.
Sekolah
memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan
kriteria........
a. Keuntungan dan kerugian dari
kerjasama
b. Kemampuan bekerjasama dengan
berbagai pihak.
c. Keluwesan bekerjasama dengan
berbagai pihak.
d.
Santun
dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
37.
Untuk
meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan
program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama,
dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
a. selaku pimpinan penentu
kesuksesan
b. sebagai top leader terdepan dalam
kegiatan
c. melibatkan siswa, pendidik dan
tenaga kependidikan
d.
memberikan
motivasi
38.
Sekolah
keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya,
sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai
Kepala Sekolah.......
a. terlibat kegiatan RT-RW bukan
kepentingan sekolah.
b. kegiatan karang taruna sebagai
wadah pemuda desa
c. partisipasi aktif dalam kegiatan
sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
d.
aktif
dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
39.
Jika
dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram
maka, kecuali......
a. Kepala Sekolah membuka amal
bencana.
b. Kepala Sekolah memiliki kepekaan
sosial tetap memberi sumbangan.
c. Kepala Sekolah membuat edaran
d.
Kepala
Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
40.
Terlibatnya
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan
banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
a. Pribadi
b. Sosial
c. Manajerial
d.
Akademis
41.
Partisipasi
aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi
kompetensi Kepala Sekolah.........
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d.
Sektoral
42.
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d.
Moral
43.
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d. kewirausahaan
44.
Membuka
perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa
sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
b. Produktivitas
c. Manajerial
d.
Kewirausahaan
45.
Tantangan
yang dihadapi kepala sekolah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar
dan hambatan dari dalam sekolah, kepala sekolah yang kompeten...
a. pantang Menyerah dan selalu
mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
b. pantang mundur dan selalu
meinperhatikan segi keuntungan.
c. maju terus dan selalu membuat
inovasi
d.
yang
penting suasana sekolah kondusif
46.
Sesuai
peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar
Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar
isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
a. lingkup materi ajar dan tingkat
kompetensi
b. jumlah siswa pada tiap rombongan
belajar
c. sarana prasarana yang harus
tersedia di dalam kelas
d.
prosedur
kegiatan pembelajaran
47.
Sesuai
dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus
memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
a. Menghargai setiap peserta didik
tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
b. berkomunikasi dengan orang tua
peserta didik secara santun
c. menguasai bidang yang diajarkan
d.
memahami
beberapa teori belajar
48.
Howard
Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang
dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis
multiple intelligence ialah...........
a. kecerdasan musikal
b. kecerdasan linguistik
c. kecerdasan intrapersonal
d.
kecerdasan
emosional
49.
Menurut
Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak
akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun.........
a. bila belajar ia akan sukses dalam
bidang tersebut.
b. ia perlu melanjutkan studi dalam
bidang matematika
c. ia harus belajar ilmu matematika
saja agar sukses
d.
ia
mungkin akan berhasil dalam bidang lain
50.
Seorang
siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain.
Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang menonjol.
a. interpersonal
b. intrapersonal
c. lunguistik
d.
spasial
51.
Unesco
menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to
do, learning to live together dan ...........
a. learning to be
b. learning to learn
c. learning to unlearn
d.
learning
to understand others
52.
Contoh
penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan
pendekatan pembelajaran.......
a. ketrampilan proses
b. kooperatif
c. inquiry
d.
kentekstual
53.
Sesuai
dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut.....
a. menjelaskan pelajaran
sejelas-jelasnya
b. menugasi siswa untuk menghafal
seluruh materi yang ada dalam buku
c. membantu siswa agar mampu belajar
secara mandiri
d.
membantu
siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
54.
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan
pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari
kegiatan tersebut adalah ...
a.
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual,
b.
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
c.
Sekolah
mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan
perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
d. Meningkatkan kegiatan MGMP
sekolah untuk semua mata pelajaran.
55.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses
menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum
melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
a.
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
b.
Melaksanakan
workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan
pembinaan secara intensif,
c.
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d. Menugasi wakil kepala bidang
kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
Permendiknas tersebut.
56.
Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum
tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a.
Mengingatkan
kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian
pada KTSP secara benar dan akuntabel,
b.
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c.
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam
melakukan penilaian,
d. Membiarkan guru tersebut karena
kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep
penilaian pada KTSP
57.
Salah
satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite
yang sesuai dengan fungsi ini ialah..........................
a. mengontrol keterlaksanaan program
sekolah
b. mengontrol kegiatan pembelajaran
di kelas
c. mengontrol kehadiran siswa
d. mengontrol kehadiran guru
58.
Sekolah
berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa
...........
a. mampu hidup bahagia sesuai dengan
potensi yang dimiliki
b. memiliki ketrampilan vokasional
c. memiliki keunggulan akademik
d.
mampu
mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
59.
Kita
dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer
yaitu.......
a. antivir
b. acrobat reader
c. yahoo/google
d.
photoshop
60.
Program
Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
a.
program
wajib belajar 9 tahun
b.
pemanfaatan
media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
c.
akses
informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
d. maksimalisasi penggunaan sarana
komputer di dalam kelas
61.
Kita
dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
a. folder
b. mail list
c. yahoo massanger
d.
attachment
62.
Microsoft
Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
a. penyimpanan data
b. pembukuan
c. presentasi
d.
entry
data
63.
Berikut
ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
a. untuk menemukan teori yang baru
b. untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
c. untuk melakukan eksperimen
d.
untuk
membuktikan kebenaran teori yang ada
64.
Dalam
PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
a. perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi
b. perencanaan, observasi, tindakan
dan refleksi
c. perencanaan, refleksi, tindakan
dan observasi
d.
perencanaan,
refleksi, observasi dan tindakan
65.
Judul
yang benar dari PTK ialah.......
a.
Peningkatan
Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1
SMK Terpadu Malang.
b.
Pengaruh
Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
c.
Korelasi
antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di
SMK 1 Malang.
d. Penggunaan Strategi Pajangan
Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar